Minggu, 11 Maret 2018

Jayadi Kastari Berbagi Kiat Jurnalistik kepada Mahasiswa Magister Pendidikan Matematika UAD

| 2 Comments
      

      Program Pascasarjana Magister Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan (PPS MPMat UAD) Yogyakarta menyelenggarakan pelatihan dan lomba jurnalistik di ruang sidang Kampus 2 UAD Jl. Pramuka 42, Pandean, Umbulharjo pada hari Ahad 11 Maret 2018. Pelatihan ini menghadirkan 2 narasumber, Dr.Suparman, M.Si., DEA. selaku Kaprodi MPMat UAD dan Jayadi Kastari, redaktur Surat Kabar Harian Kedaulatan Rakyat. Tercatat 41 mahasiswa MPMat UAD dari angkatan pertama hingga angkatan keempat mengikuti pelatihan ini.

 
 
Pembukaan Pelatihan dan Lomba Jurnalistik oleh Dr.Suparman, M.Si.,DEA.


      Kegiatan tersebut diawali dengan sambutan Kaprodi MPMat UAD, dalam sambutannya Suparman menyampaikan pentingnya kecakapan menulis bagi mahasiswa. Mahasiswa pasca sarjana dituntut mampu menulis karya ilmiah dan mempublikasikannya ke dalam jurnal ilmiah. Selain itu kecakapan menulis sangat membantu dalam penulisan tugas akhir atau thesis. “Setelah mengikuti pelatihan ini, mahasiswa semester 3 diharapkan dapat menyelesaikan thesis dalam waktu dua bulan.” ucapnya, Ahad (11/3).


Jayadi Kasto Kastari berbagi materi jurnalistik


      Memasuki acara inti, Jayadi Kastari menyampaikan materi kiat-kiat seputar jurnalistik. Diantaranya: bagaimana mengumpulkan fakta yang diawali dari menemukan peristiwa, mengolah fakta, hingga menyiarkan berita. “Tidak semua peristiwa adalah berita.” ujar Jayadi di sela-sela penyampaian materi. Jayadi menyampaikan syarat suatu peristiwa dapat dijadikan sebagai berita adalah: peristiwa merupakan persitiwa penting, besar, sesuatu yang baru, dekat dengan pembaca, tenar, dan memberi sentuhan perasaan bagi pembaca. 

      Pada kesempatan tersebut mahasiswa dibuat aktif oleh narasumber, mulai dari menyampaikan pendapat seputar peristiwa pada hari itu, tanya jawab seputar jurnalistik, hingga praktik menulis berita yang kemudian diulas oleh narasumber. “Tulisan mahasiswa bagus, beritanya sudah berbunyi meskipun masih terdapat pemilihan kata yang perlu diperbaiki.” ungkap Jayadi Kastari setelah membaca berita yang ditulis oleh peserta. Menurut Jayadi, pemilihan kata yang tepat memerlukan latihan. Selain itu hal pokok yang harus ada dalam suatu berita adalah 5W+1H, yakni: what, who, when, where, + how yang menjadikan sebuah berita menjadi padu.

Peserta Pelatihan Jurnalistik MPMat UAD
 
      Rinaldi, mahasiswa MPMat UAD yang menjadi peserta pelatihan menyampaikan bahwa kegiatan tersebut sangat menarik. Keseluruhan materi disampaikan oleh narasumber secara jelas dan santai. Beberapa kali narasumber melemparkan joke-joke yang membuat suasana pelatihan menjadi lebih hangat. Selain itu beberapa mahasiswa menghendaki diadakan kegiatan lanjutan. “Pelatihan jurnalistik ini sangat membantu saya dalam mengembangkan karya tulis berkaitan dengan tugas akhir.” Ungkap Mega Ratrisna, salah satu peserta pelatihan yang sedang duduk di bangku semester 2. 

Pemberian kenang-kenangan oleh PRODI MPMAT UAD kepada Pak Jay
      Kegiatan ditutup dengan lomba jurnalistik dengan hadiah menarik untuk 3 pemenang. Untuk juara 1 mendapatkan uang sebesar Rp 500.000,00 juara 2 sebesar Rp 400.000,00 dan juara 3 sebesar Rp 300.000,00. Berita yang dilombakan merupakan kegiatan-kegiatan yang dialai mahasiswa MPMat UAD selama mengikuti kegiatan kemahasiswaan. Mulai dari kegiatan perkuliahan, workshop, hingga studi banding di luar negeri.   

Adapun materi dapat didownload melalui link di bawah ini

Tags : , , , ,

2 komentar:

  1. Duh bikin tesis 2 bln mah cepet bgt hihi... Saya dulu bikin TA 3 bulan, tesis 6 bulan huhu... Pdhl udah ikut seminar jurnalistik juga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. woh, TA 3 bulan, Tesis 6 bulan itu udah waow banget mbak :D
      2 BULAN itu target dari Pak Kaprodinya.. xixixi

      Hapus